Advertising

Toyota All New Fortuner 2016 VRZ, SRZ dan G

Harga Resmi dan Spesifikasi Toyota All New Fortuner 2016 VRZ, SRZ dan GPT. Toyota Astra Motor (TAM) telah resmi merilis mobil terbarunya di Indonesia tepat pada hari Jum'at 22 Januari 2016 bertempat di JCC Senayan. Toyota All New Fortuner 2016 lebih dulu mendarat di Thailan pada bulan Juli 2015, selisih setengah tahun. Pada hal Indonesia saat ini merupakan basis produksi Toyota Fortuner, mungkin TAM memiliki pertimbangan tersendiri. Peluncuran All New Fortuner kali ini bertema Leading The World With Stylish & Confidence. Dan kini All New Fortuner sudah bisa dibeli di semua dealer resmi Toyota yang ada di Indonesia.
Mobil SUV terbaru All New Fortuner tersebut menjadi keberuntungan Toyota di tahun 2016 ini, betapa tidak dalam 2 pekan sejak peluncuran pertama Mobil Toyota All New Fortuner telah terjual sebanyak 3.500 unit. Hal ini diungkap oleh Henry Tanoto, Vice President PT. TAM. Henry juga menuturkan peminat untuk jenis berbahan bakar solar lebih tinggi, perbandingannya 60:40 dari jenis bensin. Namun nantinya kemungkinan bisa berubah karena bensin tetap paling populer.
Ada 6 pilihan yang terbagi dalam 2 tipe 4x2 dan 4x4, dari sisi lain Toyota All New Fortuner hadir dalam 3 pilihan/line up yaitu New Fortuner VRZ, New Fortuner SRZ dan New Fortune G. Semua tipe hadir dalam pilihan mesin otomatis (A/T) dan hanya tipe G yang tersedia dalam dua pilihan mesin yaitu manual (M/T) dan otomatis. 
Sebenarnya pergantian line up All New Fortuner 2016 tidak merata untuk semua tipe karena ada satu tipe yang masih dipertahankan yaitu tipe G. Toyota Fortuner VRZ diesel A/T merupakan merupakan pengganti dari Fortuner model sebelumnya yaitu Fortuner 4x2 Diesel TRD. Untuk Toyota New Fortuner 4x2 SRZ A/T merupakan pengganti dari Toyota Fortuner 4x2 TRD Gasoline. Untuk tipe G baik mesin bensin dan diesel masih tetap sama namun ada satu tipe baru yang tidak ada sebelumnya yaitu 4x4 VRZ diesel A/T. 

Perubahan spesifikasi pada All New Fortuner 2016 secara keseluruhan sangat signifikan. Toyota Fortuner 4x4 VRZ A/T menjadi line up tertinggi, tipe VRZ mejadi line up tengah dan New Fortuner G menjadi line up paling bawah. Dan perbedaan harga untuk ke-tiga varian tersebut juga terbaut puluhan juta Rupiah.

Review Lengkap All New Fortuner 2016


Facelift Toyota All New Fortuner 2016 ini terjadi dari sisi eksterior, interior, mesin, line up dan juga pilihan warna. Apa saja perbedaan dari ke tiga tipe ini simak penjelasan lengkapnya berikut ini yang dikutip dari laman resmi Toyota Indonesia. 

Kita mulai pada sisi dimensi, semua tipe New Fortuner memiliki ukuran yang sama. Dimensi meliputi ukuran panjang yaitu 4795 mm, lebar 1855 mm, tinggi 1835 mm, wheelbase 2487 mm, ground clearance 225 mm dan turning radius 5.8 mm. Dibandingkan Fortuner lama, All New Fortuner mengalami penambahan sekitar 90 mm.

Semua tipe New Fortuner memiliki dua warna baru yaitu Phantom Brown Metallic (4W9) dan Avant Grade Bronze (4V8). Total warna ada 6 dengan menghapus dua warna sebelumnya dan mempertahankan 4 warna lama.

Spesifikasi Toyota New Fortuner VRZ 

Tipe VRZ memiliki dua pilihan yaitu 4x4 VRZ dan 4x2 SRZ, meskipun sama-sama tipe VRZ namun memiliki perbedaan dari sisi interior, eksterior dan fitur lainnya.

Eksterior dari sisi Head Lamp sudah dilengkapi dengan LED Projector, Auto Lamp, Follow me Home, Bi-Beam, LED DRL dan Auto leveling. Masih di fitur lampu yaitu pada lampu kabut (fog lamp) semua tipe sudah tersedia, sebagai tipe tertinggi untuk membantu pencahayaan pada malam hari pada saat memasuki kabin sudah dilengkapi dengan fitur Welcome Lihgt yang terdapat di spion. Untuk spion sudah di lengkapi denganfitur Power Retactable dan lampu belok (LED signal Sign).
Untuk memudahkan masuk ke kabin semua tipe sudah dilengkapi dengan tombol smart entry, cukup dengan menekan tombol pintu akan membuka dan saat anda memasuki kabin di mudahkan dengan fitur side step dengan step cover.

Masih pada eksterior untuk pelek dan ban menggunakan model terbaru yang lebih stylish Alumunium Machining ukuran 265/60 R18.

Fitur mewah dan terbaru yang ada di Fortuner VRZ adalah Power Back Door dilengkapi dengan memory dan Jam Protector. Semua tipe juga sudah dilengkapi dengan easy close back door yaitu menutup pintu cukup dengan menekan tombol.

Beralih ke bagian belakang eksterior pada lampu belakang menggunakan lampu LED string dengan desain baru dengan bentuk garis vertikal.
Untuk semua tipe juga sudah dilengkapi dengan sensor kamera dan juga rear parking kamera untuk mememudahkan dalam memarkir kendaraan.

Untuk menegaskan sebagai tipe tertinggi untuk handel pintu New Fortuner VRZ semua tipe menggunakan warna krom sebagai pembeda dengan tipe lainnya.

Beralih ke sisi interior semua tipe pada dasboard menggunakan soft touch material sehingga semakin mewah. Bangku untuk Fortuner VRZ menggunakan material kuli dengan warna coklat gelap. Untuk bangku khusus driver sudah dilengkapi dengan fitur Seat Power Adjuster atau pengaturan bangku untuk menyesuaikan dengan masing-masing pengemudi.
Audio sistem New Fortuner VRZ mengunakan layar sentuh ukuran 8 inch dengan fitur Navigasi, Miracast, Mirror link, HDMI, Internet Connection, DVD, Bluetooth, DLNA, Air gesture dan Hand Gesture.

Khusus untuk tipe VRZ interior juga sudah dilengkapi dengan Rear Sear Entertaiment untuk menemani penumpang selama perjalanan dan dengan dukungan Led Illumination lamp. Kenyamanan selama perjalanan didukung dengan AC otomatis dibagian depan dan belakang.

Untuk memudahkan dalam mengemudi combinasi meter menggunakan MID warna baru yaitu biru dengan ukuran baru yaitu 42" sehingga nyaman untuk mata.
Untuk kemudi menggunakan desai baru dengan perpaduan material kulit dengan moif kayu warna coklat gelap dan dengan perpaduan warna silver pada bagian bawah. Kemudi juga sudah dilengkapi dengan fitur untuk mengatur pada MID, Handsfree dan mengontrol Audio.

Salah satu fitur baru pada interior adalah box untuk menyimpan minuman agar tetap dingin. Fitur ini dihubungkan dengan AC bagian depan.
Beralih ke fitur keamanan dan kenyamanan untuk tipe VRZ memiliki fitur terlengkap di kelas New Fortuner dengan 4 SRS Airbag yaitu pada Dual Front, Knee Driver, Side Air Bag dan Curtain Air Bag.

Fitur lainnya adalah ISOFIX, ABS dan EBD, Seat Belt 3 dengan ELR untuk semua kursi baris 1,2 dan 3, Hill Assit Control, Trailer Sway Control, Vehicle Stability Control dan Emergency Brak Signal.

Khusus untuk tipe VRZ 4x4 sudah dilengkapi dengan fitur 4WD indikator dan MSC Indicator, fitur ini umum ada di mobil dengan mesin 4WD.

Spesifikasi Toyota New Fortuner SRZ 

Fortuner SRZ menjadi line up tengah dari New Fortuner, untuk tipe ini hanya ada satu tipe saja yaitu 4x2 SRZ dan hanya ada pilihan mesin bensin. Tipe ini menggantikan model sebelumnya yaitu TRD Sportivo Gasoline.

Dari sisi interior eksterior dan juga fitur untuk New Fortuner SRZ hampir sama dengan tipe VRZ secara keseluruhan hanya ada sedikit perbedaan antara lain pada interior yaitu pada tombol atau pengaturan 4WD. Karena tipe SRZ hanya ada dalam pilihan mesin 2WD maka semua fitur yang berhubungan dengan 4WD tidak tersedia di dalam tipe SRZ.

Dari sisi interior New Fortuner SRZ pada bagian head lamp juga dilengkapi dengan fitur Follow Me Home sama seperti tipe VRZ.
All New Fortuner tipe VRZ juga dilengkapi dengan fitur Welcome Light yang berfungsi untuk memberikan pencahayaan pada malam hari saat memasuki kabin. Pencahayaan ini berasal dari spion bagian bawah.
Untuk semua tipe Fortuner termasuk tipe SRZ menggunakan antena berbentuk sirip hiu (Shark Antena) untuk menambahkan kesan mewah dan elegan.
Masih pada bagian eksterior untuk bodi belakang Fortuner juga dilengkapi dengan sensor parkir dan juga kamera belakang sama seperti tipe VRZ untuk memudahkan dalam memarkirkan kendaraan. Untuk kamera belakang akan terkoneksi dengan Audio unit.
Terakhir fitur terbaru pada New Fortuner SRZ yang juga dimiliki oleh tipe VRZ adalah Power Back Door, fitur ini untuk memudahkan membuka bagasi atau pintu belakang cukup dengan menekan tombol yang ada pada remote dan dasbord depan.
Beralih ke sisi interior New Fortuner tipe SRZ memiliki perbedaan dari sisi interior yaitu tidak adanya fitur yang berhubungan dengan 4WD seperti 4WD indikator dan MSC Indicator. Untuk semua tipe lainnya dalam interior sama seperti tipe VRZ.

Fitur mewah pada interior yaitu rear seat intertaiment juga tersedia untuk tipe SRZ untuk menemani selama perjalanan dan juga sudah dilengkapi dengan LED ilumination.
dan pada bangku kedua juga tersedia Power Suplay untuk mengisi daya batre gadget dan juga Smart Phone lengkap dengan kotak untuk meletakkan gadget selama pengisian daya batre.
Perbedaan antara New Fortuner tipe VRZ dan SRZ adalah pada fitur pengaturan elektrik untuk tempat duduk pengemudi dimana untuk tipe VRZ sudah tersedia dan untuk tipe SRZ tidak tersedia.

Beralih ke fitur safety untuk Fortuner SRZ tidak selengkap fitur VRZ karena sekali lagi untuk SRZ hanya tersedia dalam pilihan mesin bensin. Beberpa fitur safety yang tidak ada di Fortuner SRZ adalah Hill Assist Control, trailer Sway Control, Vehicle Stability Control dan juga Emergency brake Signal.

Spesifikasi Toyota New Fortuner G

Tipe G menjadi tipe paling bawah dari New Fortuner, dari sisi interior, eksterior dan juga fitur memiliki perbedaan dengan tipe VRZ dan juga SRZ. Untuk tipe G tersedia dalam 2 pilihan yaitu 4x4 G dan 4x2 G. Kedua tipe ini juga memiliki sedikit perbedaan. Apa saja perbedaannya mari kita simak.

Eksterior khusus untuk tipe G pada bagian Head lamp tidak menggunakan fitur LED DRL, juga tidak dilengkapi dengan fitur Welcome Light, Smart Entry dan handel pintu menggunakan warna sewarna dengan bodi.

Meskipun tidak dilengkapi dengan Power back Door namun untuk tipe G juga dilengkapi dengan fitur easy close back door.

Fortuner tipe G juga dilengkapi dengan fitur Back Sensor dan Corner Sensor namun hanya untuk tipe G 4x4 dilengkapi dengan rear parking camera untuk tipe 4x2 G tidak ada fitur tersebut.

Beralih ke sisi interior New Fortuner semua tipe menggunakan material bukan berbahan kulit namun Fabric-Hi Material yang tetap menunjukkan kemewahannya.

Audi Unit semua tipe G sama seperti tipe VRZ dan SRZ bedannya tidak ada fitur Navigasi namun demikian Anda tidak perlu khawatir karena dengan dilengkapi fitur HDMI dan Miracast maka untuk fitur navigasi dapat menggunakan fitur navigasi yang ada pada smartphone atau Tablet.
Semua tipe G tidak tersedia fitur rear seat entertaiment dan juga LED illumination Lamp seperti pada tipe VRZ dan SRZ.

Perbedaan lainnya adalah pada fitur Seat Power Adjuster atau pengaturan kursi pada pengemudi masih menggunakan teknologi manual bukan otomatis. Demikian juga untuk fitur Power Windows otomatis dan Jam Protection hanya ada pada pengemudi saja.

Untuk kenyamanan selama perjalanan New Fortuner G semua tipe menggunakan pendingin udara depan dan belakang dengan sistem otomatis.

Smart Start Engine yang terdapat pada Fortuner tipe VRZ dan SRZ tidak terdapat pada tipe G, sementra untuk fitur Padle Shift hanya ada pada Foruner G 4x4 saja.

Untuk kemudi tipe G menggunakan bahan dan fitur yang sama seperti pada tipe VRZ dan SRZ dengan material kulit berpadu dengan ornament kayu dan warna silver. Kemudi juga terkoneksi dengan MID, Handsfree dan juga Audio.
New Fortuner tipe G 4x4 sudah dilengkai dengan fitur 4WD indicator namun tidak memiliki MSC Indicator yang dimiliki oleh tipe VRZ 4x4 namun demikian terdapat tombol 4WD.

Beralih ke fitur safety untuk tipe G hanya memiliki SRS Airbag pada bagian depan dan Samping saja. Juga sudah dilengkapi dengan ISOFIX, ABS dan EBD dan juga seat belt dengan ELR disemua bangku.

Mesin All New Fortuner

All New Fortuner menggunakan mesin untuk mesin diesel maupun mesin bensin. Untuk mesin bensin menggunakan kode 2TRD-FE sementara untuk mesin diesel menggunakan kode 2GD-FTV. Untuk mesin diesel Fortuner tipe G sudah dilengkapi dengan Common Rail, VNT, Inter cooler dan DOHC dan untuk mesin bensin tipe SRZ menggunakan Dual VVT-i.

Semua mesin baik bensin dan diesel sudah menggunakan teknologi DOHC juga sudah dilengkapi dengan transmisi baru yaitu 6 tingkat percepatan untuk mesin manual maupun otomatis. Khusus untuk tipe G 4x2 M/T dan SRZ 4x2 M/T untuk transmisi tidak dilengkapi dengan sequintial Shiftmatic karena menggunakan mesin manual.
Semua tipe juga sudah menggunakan driver mode dengan dua pilihan yaitu Eco untuk mengemudi ssantai dan irit bahan bakar dan model Power untuk merasakan sensani berkendara dengan tenaga besar.

Untuk harga Toyota All New Fortuner mengalami kenaikan antara 17 juta hingga 28 juta untuk tipe 2x4. Sementara untuk tipe 4x4 memiliki harga khusus yaitu 4x4 VRZ A/T dimana harga ini sesuai dengan permintaan dari customer yang artinya unit akan di kirim sesuai dengan permintaan.
No.
Mobil
Harga
1.
New Fortuner 2.7 SRZ A/T
Rp. 509.100.000
2.
New Fortuner 2.4 VRZ A/T
Rp. 494.000.000
3.
New Fortuner 2.4 G A/T
Rp. 460.000.000
4.
New Fortuner 2.4 G M/T
Rp. 442.000.000
5.
New Fortuner 2.4 VRZ 4x4 A/T
Rp. Request 
6.
New Fortuner 2.4 G 4x4 A/T
Rp. 557.000.000

Harga diatas berlaku untuk wilayah Jakarta dan sebagian Jawa Barat berlaku mulai pada saat resmi diluncurkan yaitu 22 Februari 2015. harga dapat sewaktu-waktu berubah untuk perubahan harga dapat dilihat di menu harga atau kontak sales Toyota terdekat di kota Anda. Sumber : www.toyota-id.com

Demikian postingan mengenai Toyota All New Fortuner 2016 VRZ, SRZ dan G semoga bermanfaat dan Terima kasih telah berkunjung ke TechDonya.

Iklan